Bagaimana memilih magnifying lamp untuk industri ?

Kaca pembesar industri 

Kaca pembesar yang disertai lampu atau dalam istilah industri lebih dikenal dengan magnifying lamp adalah kaca pembesar dengan penglihatan rendah. Umum  perangkat ini merupakan salah satu instrumen atau alat bantu dalam membantu inspeksi secara visual part objek dan benda-benda kecil agar dapat terlihat dengan jelas.

Terdapat banyak jenis magnifying lamp yang disesuaikan dengan aplikasi agar dapat membantu secara tepat. Ada kaca pembesar (magnifying lamp) yang disertai cahaya lampu untuk penerangan, ada yang berbentuk handle agar dapat di pegang dan dibawa-bawa,  ada jenis kaca pembesar (magnifying lamp) yang disertai dengan scale garis untuk membantu dalam memperbesar dan mengukur objek-objek kecil. Juga jenis kaca pembesar dengan sistem cahaya spesial seperti polarisasi dan lapisan khusus anti refleksi pada kaca. Bentuk kaca pembesar (magnifying lamp) untuk industri disesuaikan pada situasi lingkungan ada bentuk dengan model meja (base), lengan jepit (flexible arm clamp), atau model permanen baut ditempelkan pada permukaan yang rata.

 

Fitur - Fitur pada Magnifying Lamp untuk Aplikasi Industri :

  • Pilihan Jenis Stand yang beragam

Pilihan jenis stand yang beragam dapat disesuaikan dengan kondisi kerja untuk menunjang kenyamanan dan mempercepat proses pengecekan. Contoh : Magnifying Lamp Otsuka memiliki pilihan stand base model, tipe free arm with clamp dan free arm with moveable stand dengan stand yang dapat dipindah-pindah.

Otsuka ENVL-CL Otsuka ENVL-F Otsuka ENVL-FL
 

 

  • Lapisan Coating pada Lensa

Lapisan coating pada lensa dapat mengurangi "mata lelah" pada saat penggunaan magnifying lamp dalam waktu yang lama sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja. Banyak jenis magnifying lamp murah yang beredar di pasaran tidak memiliki lapisan coating sehingga kurang cocok untuk digunakan di industri.

Perbandingan Coanting dan tanpa Coating pada Mgnifier Lamp

Coating AR dan Tanpa Coating

 

  • Rectangular Lens

Rectangular lens adalah lensa dengan bentuk persegi panjang yang dapat menghilangkan efek distorsi yang terjadi pada lensa berbentuk lengkaran atau bulat, selain itu rectangular lens juga meningkatkan field of view dibandingkan dengan lensa bulat sehingga dapat meningkatkan pengecekan lebih efisien, cepat dan pengamatan yang lebih nyaman. Pada Magnifying lamp brand OTSUKA jenis rectangular lens dapat meningkatkan field of view 150 % dibandingkan jenis lingkaran atau bulat.

Rectangular Magnifier Lamp   kaca pembesar murah bagus  

 

 

  • Jenis Lampu 

Jenis lampu juga mempengaruhi hasil tampilan yang dihasilkan. Menggunakan lampu jenis LED saat ini adalah pilihan yang baik untuk aplikasi di industri dikarenakan lampu LED memiliki lifetime yang sangat panjang dibanding jenis lampu lainnya dan juga lampu LED yang baik dapat menghasilkan gambar yang lebih kontras dari lampu lainnya. Contoh : magnifying lamp Otsuka jenis SKKL menggunakan LED dengan high color rendering, sehingga menghasilkan tampilan yang lebih baik dari LED standar, low consumption dan lifetime yang panjang

Flourescent Magnifier Lamp

LED Magnifier Lamp

 

  • Nilai Magnification Vs Diopter

Kenali perbedaan antara nilai diopter dengan nilai magnification (pembesaran) pada magnifying lamp. Nilai pembesaran berbeda dengan nilai diopter. Magnifying lamp dengan nilai Diopter = 4 memiliki nilai pembesaran 2X. Sebaiknya pastikan pembesaran pada magnifying lamp bukan nilai Diopter karena banyak magnifying lamp di pasaran menyebutkan nilai diopter sebagai pembesaran. Sehingga, harga jauh lebih murah namun pembesaran tidak sesuai atau bukan pembesaran yang sesungguhnya.

Diopter adalah parameter kekuatan bias lensa dalam membiaskan cahaya dalam 1 meter, bukan nilai pembesaran. 2 Diopter berarti lensa mampu membiaskan cahaya 1/2 meter dari lensa, yang berarti titik fokus memiliki posisi di 1/2 meter dari lensa, 4 Diopter memiliki titik fokus 1/4 dari lensa. Nilai diopter ditujukan dalam mempermudah menghitung jarak fokus atau kekuatan bias pada lensa. Adapun pembesaran lensa (magnification lens) = (Diopter/4) + 1.

Diopter Magnification Working Distance
3 1.75X 13 inch
3.5 1,88X 12 inch
5 2.25x 8 inch
7 2.75x 5.5 inch
7.5 2.85x 5 inch
9 3.25x 4.5 inch
10 3.50x 4 inch
13 4.25x 3 inch
20 6x 2 inch

  

Kelebihan Pengecekan Menggunakan Magnifying Lamp :

  • Hasil Pengamatan adalah pembesaran secara optical bukan digital,
  • Pengamatan dilakukan secara instan.
  • Relative awet

Kekurangan Pengecekan Menggunakan Magnifying Lamp :

  • Pembesaran umumnya terbatas hanya sampai maksimal 15x.
  • Tidak bisa foto dan video.

Jenis Jenis Magnifier Lamp / Magnifying Lamp Berdasarkan Jenis Lampu nya :

Flourescent Magnifier Lamp

Flourescent magnifier lamp atau flourescent magnifying lamp yang menggunakan jenis lampu flourescent. Jenis lampu  ini banyak dijumpai sebelum muncul jenis LED yang lebih hemat daya dan lifetime yang lebih lama.

LED Magnifier Lamp

LED magnifying lamp menggunakan jenis lampu LED. Jenis ini banyak disukai karena power consumption rendah (Otsuka menggunakan LED ± 7 Watt) sehingga lebih hemat dan lifetime lampu yang lama.

Dimmer LED Magnifier Lamp

Dimmer LED magnifying lamp menggunakan jenis lampu LED yang bisa kita atur tingkat kecerahannya atau intensitas cahaya yang dapat diatur. Pada pengamatan benda yang reflektif cahaya yang berlebih dapat membuat cahaya pantulan (silau) yang dapat membuat mata menjadi lelah, sehingga diperlukan pengaturan intensitas cahaya untuk mendapatkan pencahayaan yang nyaman di mata.

Cara mengetahui pembesaran lensa ?

      Magnification judgment method of interchangeable lens system

   BAIRITU
The magnification of 2X, 3X, 4X, or 6X is displayed as in the red circle in the image.
SYSTEM-2 ・・・ 2X
SYSTEM-3 ・・・ 3X
SYSTEM-4 ・・・ 4X
SYSTEM-6 ・・・ 6X

The magnification of 8X, 10X, 12X, or 15X is indicated on the seal stuck to the lens holding metal cylinder installed to the lens.
WIDE150RG-2 ・・・ WIDE 2X
WIDE150RG-3 ・・・ WIDE 3X
WIDE150RG-4 ・・・ WIDE 4X

※The magnification is indicated basically as shown above. However, the above rule does not apply to some former models, and some lenses cannot be exchanged.In that case, please call us.

 

Melihat artikel lain :

Cara menggunakan mikroskop stereo

Bagian-bagian pada mikroskop stereo

Lapisan pelindung mikroskop dari bakteri

Bagian-bagian mikroskop biologi

Fungsi stereo mikroskop

Inspeksi industri manufaktur

Fungsi Mikroskop digital 

Fungsi Video Measuring Machine

 

 

 

Temukan kami di sosial media

Facebook mikroskop Instagram mikroskop youtube mikroskop whatsapp mikroskop email mikroskoop