Bagian - bagian mikroskop stereo

 

Masih banyak teman-teman yang masih bingung membedakan antara mikroskop stereo dengan mikroskop compound (mikroskop biologi) dari sisi tampilan. Padahal mikroskop stereo memiliki ciri yang unik sehingga kita bisa tahu hanya dari melihat mikroskopnya.

Oleh karena itu, kami ingin berbagi info mengenai bagian-bagian pada mikroskop Stereo. Dengan mengetahui bagian-bagian pada mikroskop stereo ini, diharapkan dapat memberikan wawasan teman-teman mengenai mikroskp stereo secara lebih mendalam.

 


Bagian - Bagian Pada Mikroskop Stereo dan Fungsinya 

1. Eyepiece Mikroskop

Tempat mata pengamat mengamati sample secara langsung. Khusus mikroskop jenis stereo eyepiece berjumlah 2, jadi dapat dipastikan jika mikroskop yang memiliki jumlah eyepiece 1 bukanlah mikroskop stereo.

2. Port Trinokular

Lubang tambahan yang biasanya berfungsi sebagai port camera, sehingga kita tetap dapat menggunakan kedua eyepiece pada mikroskop stereo dan mendokumentasikan hasil pengamatan menggunakan kamera. Port trinokular biasanya membutuhkan adapter tambahan dalam menghubungkan camera dan port trinokular mikroskop. 

3. Zoom control

Beberapa jenis mikroskop stereo memiliki zoom control. Feature ini memungkinkan kita dapat mengatur pembesaran sesuai keinginan tanpa harus mengatur ketinggian mikroskop kembali, cukup memutar tombol zoom control. Namun penggunaan zoom harus disetting terlebih dahulu. Cara setting zoom control pada mikroskop stereo dapat dibaca pada artikel kami "cara setting zoom control pada mikroskop stereo"

4. Lock Head

Penghubung bagian kepala mikroskop dengan badan mikroskop / arm microscope. Mayoritas Head mikroskop dapat dilepas dalam menunjang fleksibilitas dan proses pergantian. Lock head adalah penghubung head dan body mikroskop.

5. Objective Len

Lensa pembesaran yang berada pada sisi terdekat sample. Pada stereo biasanya lensa hanya 1 buah dan besar (lihat gambar), berbeda dengan mikroskop biologi yang memiliki beberapa lensa objective yang dapat diputar - putar. 

6. Upper illumination

Lampu atas yang berfungsi sebagai sumber cahaya atas saat pengamatan. Digunakan saat pengecekan sample yang tak tembus cahaya, sebaliknya lampu bawah digunakan saat pengecekan sample yang trasnparant / tembus cahaya.

7. Focus Control

Pengaturan jarak yang berfungsi dalam mencari fokus gambar, semua mikroskop memiliki focus control. Tentukan pembesaran yang kita inginkan, lalu cari fokus dengan mengatur ketinggian menggunakan focus control.

 

Jenis Mikroskop Stereo dan Aplikasinya

 

Mikroskop Stereo Basic    Mikroskop Stereo Standat Industri    Mikroskop Stereo Modular

 

Melihat artikel lain :

Jenis mikroskop digital

Cara menggunakan mikroskop stereo

Lapisan pelindung mikroskop dari bakteri

Bagian-bagian mikroskop biologi

Fungsi stereo mikroskop

Inspeksi industri manufaktur

 

Referensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/Stereo_microscope

 

 

Temukan kami di sosial media

Facebook mikroskop Instagram mikroskop youtube mikroskop whatsapp mikroskop email mikroskoop