Pengertian dan Jenis-jenis Mikroskop

 

 

Mikroskop adalah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil yang tidak dapat dilihat secara kasat mata. Di bidang life science atau penelitian, mikroskop diperlukan dalam mengklasifikasi makhluk hidup yang berukuran sel dan mempelajari kareakteristiknya. Di industri, mikroskop sangat diperlukan untuk mengetahui keberadaan kontaminan atau defect sample yang sangat kecil. Sedangkan di dunia edukasi atau sekolah, mikroskop diperlukan hanya untuk proses pembelajaran.

Jenis - jenis mikroskop sangat beragam karena disesuaikan dengan kebutuhan tertentu. Mengetahui jenis mikroskop adalah hal pertama yang perlu diketahui sebelum membeli mikroskop.

 

Gambar Mikroskop pada Perbesaran Berbeda-beda

Apakah kamu memerlukan beberapa contoh gambar pada perbesaran yang berbeda di bawah mikroskop?

Gambar yang berbeda pada mikroskop majemuk biasanya memiliki tiga atau empat perbesaran - 40x, 100x, 400x, dan terkadang 1000x.

  • Pada perbesaran 40x Anda akan dapat melihat 5mm.
  • Pada perbesaran 100x Anda akan dapat melihat 2mm.
  • Pada perbesaran 400x Anda akan dapat melihat 0,45mm, atau 450 mikron.
  • Pada perbesaran 1000x Anda akan dapat melihat 0,180mm, atau 180 mikron.

 

Jenis Mikroskop binokular dan binokuler berdasarakan sumber cahayanya, yaitu :

1. Mikroskop Cahaya / Optical Microscope

Mikroskop cahaya bisa berasal dari matahari langsung atau lampu. Mikroskop menggunakan lampu lebih disukai karena kualitas yang lebih baik, bahkan beberapa pabrikan sudah mengembangkan lampu sendiri untuk menghasilkan gambar yang lebih baik, seperti neoLED pada brand Euromex binokular dan binokuler.

Mikroskop Euromex IS.1053PLMi Mikroskop NZ.1903U

 

2. Mikroskop Elektron

Mikroskop Elektron menggunakan elektro statik dan elektro magnetik sebagai sumber cahaya, serta menggunakan medan listik dan medan magnet yang berperan sebagai lensa dan cerminnya. Dengan menggunakan elektro statik dan medan listrik ini mikroskop elektron dapat melakukan pembesaran objek sampai dengan 2 juta kali. Mikroskop ini hanya digunakan di kalangan ilmuwan tertentu dan aplikasi tertentu.

Mikroskop Elektron Mikroskop Elektron

Sumber gambar : https://en.wikipedia.org/wiki/Electron_microscope

 

Jenis Mikroskop Cahaya berdasarkan pembesarannya, yaitu : 

1. Mikroskop Stereo  binokular dan binokuler

Mikroskop stereo memilki pembesaran yang rendah / low powered microscope (umumnya antara 5x - 45x)  yang menghasilkan tampilan stereoskopik (3D) pada sample yang diamati. Pada aplikasi di industri dan penelitian biasanya menggunakan mikroskop stereo yang memiliki feature zoom range pada pembesarannya, sehingga kita dapat menentukan pembesaran yang kita kehendaki.

Zoom pada mikroskop stereo perlu disetting agar saat zoom digunakan gambar tetap fokus, sehingga lebih nyaman digunakan. Cara setting zoom pada mikroskop stereo dapat di baca disini "Cara Setting Zoom pada Mikroskop Stereo" binokular dan binokuler

Mikroskop Stereo Mikroskop Stereo Standart Industri

2. Mikroskop Compound  binokular dan binokuler

Mikroskop compound memiliki susunan lensa yang kompleks untuk menghasilkan pembesaran hingga 1000x (jika menggunakan okular 10x) namun menghasilkan tampilan 2 dimensi.

Note: Mikroskop compound sering disebut sebagai biological microscope, padahal tidak semua compound microscope adalah biological microscope  binokular dan binokuler.

Mikroskop Compound  Metallurgical Mikroskop Compound for Biological

 

 

Jenis Microscope Compound berdasarkan aplikasinya, yaitu :

1. Mikroskop Biological  binokular dan binokuler

Mikroskop ini digunakan di bidang biologi, seperti pengamatan bakteri, virus, sel dan lain-lain. Memiliki ciri utama yaitu memiliki lampu transmitted / tembus (posisi sample berada di antara sample dan lensa objective).

Mikroskop Biological Euromex BB.1153PLPh Mikroskop Biological Euromex IS.1153PLi

2. Mikroskop Metalurgi  binokular dan binokuler

Digunakan untuk mengetahui struktur sebuah logam atau benda tak tembus cahaya lainnya, seperti : struktur ferit pada logam, dan lain-lain.

Mikroskop Metallurgical IS.1053PLMi Mikroskop Metallurgical Euromex DX.2058PLMi

3. Mikroskop Polarisasi  binokular dan binokuler

Memiliki stage berbentuk lingkaran yang dapat diputar dan nikol bersilang (crossed polarized light) untuk pengamatan mineral sayatan tipis.

Mikroskop Polarisasi Euromex IS.1052PLPOLi Euromex IS.1053PLPOLRi

4. Mikroskop Inverted  binokular dan binokuler

Sesuai namanya, mikroskop ini memiliki susunan terbalik terhadap mikroskop compound standart  binokular dan binokuler. Lensa berada di bawah sample dan kondenser berada di atas sample. Jenis ini cocok digunakan pada pengamatan sel hidup (living cells) dan kultur tisu (tissue cultures).

Euromex OX.2053PLPH Euromex OX.2153PLM

 

Melihat artikel lain :

Jenis mikroskop digital

Cara menggunakan mikroskop stereo

Bagian-bagian pada mikroskop stereo

Lapisan pelindung mikroskop dari bakteri

Bagian-bagian mikroskop biologi

Fungsi stereo mikroskop

 

  

Temukan kami di sosial media

Facebook mikroskop Instagram mikroskop youtube mikroskop whatsapp mikroskop email mikroskoop