Bagian - Bagian Mikroskop Biologi & Fungsinya

Buat teman-teman yang mungkin sudah membaca artikel kami mengenai jenis - jenis mikroskop, sudah paham dong apa itu mikroskop biological. Nah, mikroskop jenis ini adalah mikroskop yang paling banyak akan kita temui, terutama di sekolah, lembaga penelitian, rumah sakit, dan farmasi. Namun, kita jumpai masih banyak yang belum tau fungsi dan bagian-bagian yang ada pada mikroskop tersebut.

Berikut ini akan kami jelaskan bagian-bagian dan fungsinya yang umumnya ada pada mikroskop biological, selamat membaca :

 

 

Bagian - Bagian Mikroskop Biologi

  1. Trinokular tube atau Camera Port
  2. Eyepiece
  3. Head atau Kepala Mikroskop
  4. Nosepiece
  5. Lensa Objective
  6. Microscope Base & Arm
  7. Stage
  8. Condenser atau Kondenser
  9. illumination atau Sumber Pencahayaan
  10. Sensor (optional)
  11. Coarse & Fine Fokus 

Fungsi pada Mikroskop Biologi

1.Trinokular Tube

Trinukular tube berfungsi menghubungkan kamera ke mikroskop atau tempat memasang camera. Pengguna mikroskop dapat menampilkan hasil pengamaan ke monitor secara digital tanpa harus mengorbankan eyepiece pada mikroskop. Sesuai namanya, trinokular tube hanya terdapat pada model mikroskop jenis trinokular.

2. Eyepiece

Ini adalah tempat mata melihat hasil pengamatan secara langsung ke mikroskop. Standarnya memiliki pembesaran 10x dan luas area atau field of view 20 mm. Pada mikroskop yang high level biasanya memiliki field of view 22 mm, seperti model mikroskop Euromex Iscope IS.1153PLi. Jenis mikroskop monokular, eyepiece hanya ada 1 buah sedangkan binokular dan trinokular memiliki 2 buah eyepiece. 

3. Head

Tempat menghubungkan eyepiece dengan lensa objective. Head memungkinkan eyepiece dapat diputar dan penambahan lampu pada mikroskop yang memiliki lensa objective jenis infinite optical system.

4. Nosepiece

Nosepiece adalah lubang tempat lensa objektif dipasang. Nosepiece umumnya memiliki 4-6 jumlah lubang. Semakin banyak jumlah nosepiece semakin banyak lensa objektif yang dapat dipasang.

5. Objective Lens

Ini adalah bagian utama dari mikroskop. Hasil yang ditampilkan sangat bergantung pada kualitas lensa objektif yang dipakai. Mikroskop dengan kualitas gambar terbaik menggunakan jenis plan achromatic atau plan Apochromatic. Jenis plan apochromatic adalah jenis lensa terbaik untuk saat ini. Jangan heran jika harga yang ditawarkan akan sangat berbeda dari mikroskop jenis lain yang memiliki grade lensa di bawahnya.

Untuk mengetahui jenis- jenis grade pada lensa objective, dapat dibaca disini 

6. Microscope Base and Arm

ini adalah pilihan bentuk stand dari mikroskop. Ada yang berbentuk rack & pinion, pillar dan universal. Bentuk stand pillar lebih disukai di industri manufactur, sedangkan rack & pinion lebih disukai di laboratorium penelitian.

7. Stage

Tempat menaruh sample yang dapat digerak ke arah X - Y untuk mendapatkan posisi sample tepat berada di bawah lensa objective. Stage model rackless mechanical stage salah satu jenis stage yang dapat ada pilih karena kelebihannya, seperti video di bawah ini.

8. Condenser

Condenser berfungsi mengumpulkan cahaya yang kemudian difokuskan ke satu titik pada sample yang diamati. Condensor pada mikroskop biologi umumnya menggunakan Abbe condenser, mikroskop biologi model phase contrast menggunakan condenser Zernike dan mikroskop biologi model dark field menggunakan Cardoid darkfield condenser.

9. Illumination

Merupakan sumber cahaya yang dipakai mikroskop. Saat ini, sudah banyak yang telah menggunakan lampu jenis LED sebagai sumber cahaya, selain halogen. Cahaya juga berpengaruh terhadap kontras gambar yang dihasilkan. Oleh sebab itu beberapa manufaktur mikroskop mengoptimasi lampu pada mikroskop buatan mereka, seperti contoh adalah mikroskop Euromex Iscope Series saat ini menggunakan jenis lampu neoLED, menghasilkan gambar kontas yang lebih baik dari LED biasa.

10. iCare Sensor

Adalah fitur tambahan yang hanya ada pada beberapa brand mikroskop tertentu, salah satunya Mikroskop Euromex model Iscope. Fungsinya sebagai penghematan pemakaian, dimana lampu akan mati jika tidak ada orang yang menggunakan mikroskop, begitupun sebaliknya.

11. Coarse and Fine Focusing System

Berfungsi untuk mengdapatkan fokus dengan cara menaikkan dan menurunkan stage.

 

Melihat artikel lain :

Jenis mikroskop digital

Cara menggunakan mikroskop stereo

Bagian-bagian pada mikroskop stereo

Lapisan pelindung mikroskop dari bakteri

Fungsi stereo mikroskop

Inspeksi industri manufaktur

 

Temukan kami di sosial media

Facebook mikroskop Instagram mikroskop youtube mikroskop whatsapp mikroskop email mikroskoop