Pengamatan Aktifitas Enzim pada Bubur Kayu di Industri Kertas

Mikroskop Dinolite telah banyak digunakan pada berbagai industri, salah satu nya adalah industri kertas. Salah satu perushaan asal Prancis yaitu Celodev saat ini menggunakan Dinolite dalam pengamatan aktivitas enzim pada proses bubur kayu, tujuan nya adalah menemukan formulasi enzim yang optimum dalam rangka mengurangi konsumsi energi pada proses pembuatan kertas.

Kenapa dapat mengurangi konsumsi energi pada proses pembuatan kertas ? Hal ini dikarenakan, bubur kertas adalah bahan baku dasar dalam pembuatan kertas. Bubur kertas terdiri dari partikel partikel kecil yang terditi dari serat - serat kayu membentuk seperti bubur. Enzim -enzim tertentu, seperti cellulase, hemi-cellulase, pectinase dan β-glucanase dapat memecah dan menghilangkan serat - serat pada kayu yang kemudian dengan hilangnya serat - serat pada kayu ini menjadikan bubur telah siap untuk diproses menjadi kertas. Proses yang disebut biodegradation inilah yang dijadikan sebagai alternatif pengganti dalam menghancurkan serat-serat pada bubur kayu yang biasanya mengggunakan banyak konsumsi energi.

Dengan penggunaan enzim pada proses pemecahan serat - serat pada kayu inilah proses produksi kertas dapat mengurangi konsumsi daya. Dengan menggunakan mikroskop dinolite, kita mengevaluasi kinerja dari enzim dan menentukan formulasi terbaik dalam proses pemecahan serat pada kayu.

 

Enzym inspection in paper production

 

 

Sumber : https://www.dino-lite.eu/en/?view=article&id=29:paper-industry&catid=9

 

 

Artikel terkait lainnya : 

Pengamatan Kontaminasi Pada Bahan Tambahan Pangan Menggunakan Mikroskop

Cara Visual Untuk Mengetahui Barang Palsu

Cara Visual Membedakan Jam Tangan Asli dan KW

 

Temukan kami di sosial media
Instagram Mikroskop  Facebook Mikroskop Youtube Mikroskop Whatapps Mikroskop Email Mikroskop