Mengetahui Ciri - Ciri Jam Tangan Original Secara Visual

Ciri - Ciri Jam Tangan Original

Hai para watch enthusiast. Kali ini kami akan membahas cara mengetahui ciri-ciri jam tangan original dan KW yang selama ini sudah beredar di pasaran. Bagi orang awam, cukup sulit membedakan jam tangan asli dan KW dikarenakan jam tangan KW / replika hampir menyerupai jam tangan original atau asli. Produk KW ini sangat merugikan para konsumen maupun produsen asli dari jam tangan branded tersebut. Konsumen tidak mendapatkan kualitas dari jam tangan yang diharapkan sedangkan produsen mengalami kerugian secara penjualan.

Umumnya cara mengetahui ciri-ciri jam tangan original (asli) secara sederhana bisa dilihat pada fisik luar jam tangan tersebut, yaitu : kualitas material kulit, warna jam tangan, kualitas jahitannya maupun dari bobot jam tangan tersebut. Namun itu hanya berlaku untuk mengenali jam tangan palsu dengan grade KW 1,2 dan seterusnya. Berbeda halnya dengan jam tangan palsu KW super dan KW grade ori. Kedua jam tangan ini memiliki kualitas fisik yang sangat sulit dibedakan dengan versi originalnya secara tampilan luar. Sehingga cara sederhana tidak akan cukup untuk memastikan apakah jam tangan adalah original atau palsu.

Salah satu cara mengetahui ciri-ciri jam tangan original dan jam tangan palsu yang memiliki grade KW super adalah dengan melihat sistem movement nyaMungkin istilah ini tidak asing bagi para watch enthusiast. Seorang watch enthusiast akan selalu memperhatikan sistem mekanikal yang ada dibalik kerjanya sebuah jam tangan. Sistem mekanikal yang terdiri dari komponen-komponen kecil yang tersusun secara presisi dan bertingkat ini menghasilkan sebuah seni bagi pada watch enthusiast. Inilah yang berperan dalam menggerakkan sebuah jam tangan mekanikal yang kemudian dikenal dengan istilah movement.

Sistem Movement pada Jam Tangan original Sistem movement pada Jam Tangan

 

Sistem movement yang terdiri dari komponen-komponen kecil dan tersusun secara presisi dapat menjadi poin utama dalam menentukan jam tangan original atau palsu. Untuk pengamatan nya kami sangat merekomendasikan menggunakan kaca pembesar maupun mikroskop agar detail tampak jelas.

 

Berikut adalah cara mengetahui ciri-ciri jam tangan original pada sistem movement nya :

1. Detail Engravings

Pada jam tangan original detail engravings sangatlah rapi, presisi dan konsisten. Jam tangan palsu umumnya memiliki detail engravings yang tidak rapi dan tidak konsisten dalam ukuran bahkan terkadang tidak memiliki ukiran loga pada bagian movement nya.

 

Detail Engravings pada jam tangan Detail Engravings pada Jam Tangan original

 

2. Detail Main Gears

Detail Main Gears adalah detail - detail komponen gear secara kualitas, warna, pola dan finishing pada jam tangan. Pada bagian ini kita harus mengetahui terlebih dahulu detail main gears pada jam tangan originalnya. Setelah itu kita bandingan dengan jam tangan yang akan kita analisa keasliannya. Tanpa mengetahui detail gears originalnya kita tentu tidak dapat menentukan seperti apa tampilan main gears yang asli atau original.

detail gears pada jam tangan ori detail gears pada jam tangan original

 

Rekomendasi Alat yang dapat digunakan

1. Mikroskop Digital Portable Dinolite AF4915ZT 

Pengamatan jam tangan menggunakan dinolite mikroskop Pengcekan jam tangan dengan mikroskop dinolite

 

2. Magnifying Lamp Otsuka SKKLB 2x dan SKKLF 2x

Pengamatan jam tangan menggunakan Magnifying Lamp Otsuka

Pengamatan jam tangan menggunakan magnifying lamp Otsuka

 

Jam tangan asli bukan hanya penunjuk waktu, tapi bisa sebagai tanda awal dari kesuksesan pada suatu aktifitas dan pekerjaan. Tidak pantas bagi seseorang yang telah mencapai kesuksesan, menggunakan jam tangan KW / replika.

Karena jam tangan mempunyai nilai emosional yang tinggi, baik dari sisi brand, dan nilai intrinsiknya. Bagi individu yang membeli jam tangan mahal, mereka melihat dari sisi nilai seni dari konstruksi, material, merek, status, fesyen, dan gaya hidup.

Karena jam tangan mahal menggambarkan karakter seseorang, status sosial, dan menyempurnakan penampilan.

 

Bagaimana dengan Anda ? Apakah masih tertarik menggunakan jam tangan KW / replika ?

  

Link terkait : 

Mikroskop Digital Portable Dinolite AF4915ZT

Magnifying Lamp Otsuka SKKLB 2x

Magnifying Lamp Otsuka SKKLF 2x

 

 

Temukan kami di sosial media

Facebook mikroskop Instagram mikroskop youtube mikroskop whatsapp mikroskop email mikroskoop