Cara Alat untuk Mengetahui Barang Palsu

Barang Palsu

Di seluruh dunia, barang palsu dan bajakan yang dijual membentuk industri senilai $500 miliar. Barang-barang palsu dan bajakan ini lebih sering diproduksi di pabrik-pabrik Cina menggunakan bahan-bahan yang lebih rendah untuk menekan biaya tetap rendah. Barang-barang palsu yang umum termasuk merek-merek mewah dalam penjualan seperti barang-barang kulit, pakaian dan jam tangan mahal, karya seni tua dan mahal, serta barang antik lainnya. Dari barang-barang palsu yang beredar dan dijual secara ilegal, banyak perusahaan telah menghabiskan jutaan dolar untuk memerangi fenomena ini dan untuk mempertahankan nama merek mereka.

Sumber: https://www.flickr.com/photos/en321/37531889/ 

Pada awalnya, barang palsu dari merek mewah sering kali memiliki kesalahan ejaan yang jelas dan kontrol kualitas yang buruk yang akan ditemui di pasar saat bepergian ke berbagai negara Asia. Namun, jenis baru replika kelas atas telah muncul. Replika kelas atas ini lebih mahal untuk diproduksi karena menggunakan bahan dengan kualitas lebih baik dan lebih mirip dengan aslinya. Replika ini terbukti lebih sulit untuk dibedakan dari yang asli karena mereka bahkan datang dengan kemasan yang tampak asli seperti kantong pembungkus, kotak, dan kadang-kadang bahkan "tanda terima" dan "kartu otentikasi".

Mikroskop Digital Dino-Lite

Di sinilah alat mikroskop digital seperti Dino-Lite berguna. Mayoritas barang palsu di industri pemalsuan dibuat atau dikerjakan tanpa memperhatikan detail mikroskopis objek. Detail mikroskopis ini dapat membantu membedakan produk ini dari produk palsu. Bahkan jika detail mikroskopis diamati, menghasilkan objek dengan presisi mikron atau tingkat nano sulit dan mahal. Oleh karena itu, sebagian besar pemalsuan tidak memiliki tingkat presisi ini karena hal itu merusak skala ekonomi yang memungkinkan industri pemalsuan berkembang.

Dengan banyaknya pelanggan yang beralih ke belanja online daripada di toko fisik, barang palsu dapat dengan mudah menyamar dan berpura-pura sebagai barang asli untuk menyesatkan konsumen agar membelinya sambil menganggapnya asli. Ketika tren ini muncul, konsumen sekarang lebih berhati-hati dalam membeli barang-barang mahal dan dengan demikian lebih mungkin untuk membeli dari penjual yang bereputasi baik meskipun mungkin harganya lebih mahal. Hal ini menjadikan mikroskop Dino-Lite alat yang praktis untuk dimiliki oleh pegadaian, pengecer barang mewah, dan toko konsinyasi untuk mengotentikasi produk mereka.

Mikroskop genggam portabel Dino-Lite ini memiliki tingkat perbesaran 250x dibandingkan dengan alternatif produk lain yang lebih murah seperti pembesar yang hanya memiliki perbesaran 30x. Ini menjadikannya mikroskop Dino-Lite, lebih multifungsi untuk menganalisis objek dan permukaan yang berbeda. Dengan barang palsu yang terlihat semakin realistis, Dino-Lite akan dapat mengidentifikasi perbedaan mikroskopis dalam detail yang kemungkinan besar akan terlewatkan oleh pemalsu tersebut.

Aplikasi Mikroskop Dino-Lite

Misalnya, tas bermerek mewah lebih unggul dalam hal kualitas bahan dan pengerjaan dibandingkan dengan tiruannya. Dengan demikian, dengan bantuan mikroskop digital, seseorang dapat memeriksa dengan cermat kualitas kulit yang digunakan, jahitan dan pencetakan logo. Ketidak konsistenan ini jauh lebih sulit untuk dilihat dengan mata telanjang daripada jika seseorang menggunakan mikroskop digital Dino-Lite.

Sama seperti produk jam tangan mahal, yang terus-menerus mengalami replika murah yang diproduksi dan dijual bebas di pasaran. Detail halus pada logam sering diabaikan oleh peniru dan banyak orang tidak dapat membedakannya tanpa menggunakan mikroskop digital. Ketika diperbesar, ketidaktepatan dalam ukiran jauh lebih jelas untuk membuktikan bahwa barang tersebut tidak asli. Karena itu, Dino-Lite terbukti sangat berguna dalam memilih barang palsu, mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memeriksa setiap bagian dengan perbesaran tingkat tinggi dan kemampuan lainnya.

Dengan kemudahan penggunaan Dino-Lite untuk mendapatkan pencitraan yang jelas dan detail, Dino-Lite dapat digunakan oleh individu yang mungkin merupakan kolektor barang mewah dan batu mulia. Mikroskop digital Dino-Lite juga dapat digunakan oleh bisnis seperti pegadaian, pengecer barang mewah, atau toko konsinyasi untuk memeriksa tas tangan dan jam tangan mewah, memeriksa perhiasan untuk perbaikan, membantu penilaian dan sangat mempercepat proses otentikasi. Saat ini digunakan oleh Maxi-Cash, sebuah pegadaian besar di Singapura, mikroskop Dino-Lite digunakan untuk mengambil gambar mikroskopis untuk memastikan keaslian jam tangan. Mikroskop digital Dino-Lite juga dapat digunakan untuk memeriksa keaslian perhiasan, terutama berlian dengan mengidentifikasi kode sertifikasi unik setiap batu. Mikroskop ini juga dapat mencari lecet pada permukaan, torehan, atau rongga atau retakan yang dapat mempengaruhi integritas struktural berlian.

Baca tautan artikel di sini: https://www.dinolite.sg/news/detail/maxi-cash_authenticates_branded_goods_remotely_with_dino-lite

Mikroskop digital Dino-Lite akan dapat membantu pengguna dalam melakukan analisis non-destruktif dan pekerjaan restorasi pada benda tersebut. Selain itu, mikroskop digital dapat membantu mengidentifikasi komposisi media yang digunakan untuk membuktikan keaslian karya tersebut, baik itu jenis batu, cat, maupun kanvas yang digunakan. Semua informasi ini kemudian dapat digunakan untuk membantu proses pengambilan keputusan dalam membentuk perlakuan konservasi yang sesuai.

Memiliki mikroskop digital Dino-Lite, akan memungkinkan para konservator museum dan restorasi profesional untuk melakukan pekerjaan restorasi sambil memberikan perhatian yang lebih besar untuk menjaga integritas lukisan dan karya seni. Setiap lukisan dan karya seni akan membutuhkan pendekatan yang berbeda karena perbedaan teknik yang digunakan oleh masing-masing pelukis dalam hal sapuan kuas, komposisi cat dan impasto cat (tekstur permukaan cat).

Sumber : https://commons.wikimedia.org/wiki/File:IMA_Conservation_Technician_4.jpg 

microscope.id adalah distributor resmi Dino-Lite di Indonesia.

Hubungi kami jika Anda ingin mendiskusikan tentang aplikasi mikroskop di tempat Anda.

 

Temukan kami di sosial media

Facebook mikroskop Instagram mikroskop youtube mikroskop whatsapp mikroskop email mikroskoop