Cara visual membedakan barang asli dan tiruan

Bisa memiliki barang bermerek dengan harga jauh berbeda di bawah harga standar merupakan impian banyak orang. Tetapi jangan sampai terjebak oleh barang-barang tiruan atau bisa di bilang barang yang hampir serupa dengan kualitas asli tetapi sebenarnya bukan asli. Barang tiruan (palsu) dapat ditemukan pada beberapa barang mewah bermerek seperti Jam tangan, tas mewah bermerek, barang dari kulit, pakaian dan barang fashion bermerek, juga perhiasan dan emas.  Jenis barang keseharian industri yang masuk kategori kosumtif dipergunakan dalam keseharian seperti tinta printer, barang elektronik kosmetik, makanan dan minuman juga farmasi termasuk dalam bisnis besar produk tiruan.

Menurut sumber data yang kami peroleh berdasarkan laporan oleh International Trademark Association (INTA) dan the International Chamber of Commerce, nilai ekonomi global dari pemalsuan dan pembajakan diprediksi mencapai USD 2.3 triliun pada tahun 2022.

Barang tiruan dan pemalsuan tentu merugikan banyak korban, tidak hanya untuk produsen barang bermerek yang produknya dipalsukan napun pada jalur distrubusi sampai konsumen mengalami kerugian serupa. Salah satu hal buruk yang dapat dialami oleh produsen dan konsumen adalah kualitas yang berubah. Konsumen akan mereasa kualitas barang bermerek yang dipalsukan semakin kurang baik, sedangkan pada kenyataan'nya produsen sebenar'nya tetap menjaga kualitas produk. Disini terdapat ketidak sesuaian terhadap sudut pandang kualitas antara produsen dan konsumen mengenai produk bermerek mereka.

Ada beberapa solusi yang diambil oleh beberapa produsen dan pencinta produk bermerek untuk mengurangi dan memutus rantai terhadap produk tiruan dan pemalsuan yaitu dengan cara edukasi dan memberikan tips mudah terhadap produk bermerek mereka :

  1. Logo dan merek - Membeli barang dengan merek terkenal, salah satu cara tercepat adalah perhatikan logo dan merek tulisan akan terdapat perbedaan yang mecolok detail tulisan, posisi bahkan warna pada barang-barang tiruan.
  2. Label, tag dan kartu garansi - Produk asli umum mencantumkan negara asal tempat produksi, juga terdapat beberapa produsen yang mencantumkan pengaman tambahan seperti barcode pada tag garansi.
  3. Kemasan - Perhatikan kualitas kemasan dan bentuk, beberapa produk asli tidak akan ragu membuat konsumen puas bahkan untuk kemasan dan kantung pembungkus. Dustbag atau kantung kain umum disertai oleh logo produk, beberapa ada dengan petunjuk pemakaian dan segel pengaman kemasan.
  4. Harga - Cara paling umum untuk menilai keaslian produk, barang yang dijual dengan harga jauh lebih murah kemungkinan besar adalah barang tiruan (palsu) tujuan seperti itu adalah barang yang dijual palsu tentu diproduksi jumlah banyak agar cepat laku harga konsumen akan dibuat murah. Sedangkan barang asli mengutamakan kualitas makan jumlah akan lebih terbatas. 
  5. Penampilan - Bentuk menjadi syarat multlak untuk mengenal suatu barang. Tetapi banyak di era teknologi moderen ini barang tiruan (palsu) juga mempunyai bentuk, warna, bahkan tekstur yang hampir sama dengan barang asli. Hal tersebut membuat konsumen semakin kesulitan untuk mengenali barang asli. Ada teknik yang sampai saat ini sering digunakan oleh para produsen untuk memperlihatkan keaslian barang mewah mereka yaitu dengan teknik inspeksi visual. 

Inspeksi visual merupakan teknik analisa dengan menggunakan alat untuk memperbesar objek lalu membandingan, atau bahkan mengukur dimensi sesuai standar original suatu benda. Alat dalam inspeksi visual beragam seperti :

1. Kaca pembesar Otsuka = Sesuai untuk objek besar antara 3 cm - 50 cm, kemampuan pembesaran 2x - 15x, Made Japan brand, clear optical

Otsuka ENVL-CL Otsuka ENVL-F Otsuka ENVL-FL

 

2.  Mikroskop digital Dino-Lite = Sesuai untuk ukuran objek kecil dan besar, antara 0.1 cm - 100 cm kemampuan pembesaran variasi  antara 10x - 200x, 500x, dan

1000x, Simpan gambar data mengukur dimensi, Made Taiwan, Top 1 digital microscope brand.

mikroskop untuk barang asli palsu mikroskop untuk barang asli dan palsu mikroskop untuk melihat barang asli

 

3.  Mikroskop Euromex = Sesuai untuk ukuran objek kecil dan sedang antara 1 cm - 30 cm kemampuan pembesaran 7x - 45x, Made Holland Europe brand

cara mikroskop untuk barang asli palsu mikroskop untuk barang asli dan palsu tiruan mikroskop untuk melihat barang asli tiruan

 

Ketiga barang di atas merupakan alat bantu yang berkualitas untuk membantu melihat keaslian benda dengan inspeksi visual. Kami merupakan spesialis micro visual jangan sungkan hubungi kami untuk mengetahui lebih lanjut, berkonsultasi (Free) dan mencoba solusi produk kami. Cara otentikasi barang asli dan palsu tiruan

 

 

Sumber : https://www.integrity-indonesia.com/id/blog/2018/01/22/industri-produk-palsu-diprediksi-capai-usd23-triliun-ini-yang-perlu-dilakukan-oleh-para-pelaku-bisnis/

 

 

Temukan kami di sosial media

Facebook mikroskop Instagram mikroskop youtube mikroskop whatsapp mikroskop email mikroskoop