Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu dengan Metode Visual

Cara Membedakan Emas Asli & Palsu

Siapa yang tidak mengenal emas ? Dapat digunakan sebagai perhiasan dan bernilai investasi menjadikan emas sangatlah diburu setiap orang. Emas memiliki nilai investasi yang sangat efektif dan teruji sejak dahulu, bahkan sudah ada sebelum jenis-jenis investasi lain hadir, seperti saham, reksadana dan juga Crypto yang baru-baru ini sedang tren. Tak jarang banyak pelaku investasi yang menjadikan emas menjadi pilihan utama. Di saat emas menjadi pilihan buruan setiap orang, di saat yang sama tingkat penipuan emas palsu juga semakin marak, pengetahuan untuk dapat membedakan emas asli dan palsu menjadi hal yang harus kita miliki saat ini.

Salah satu cara sederhana dan cukup efektif membedakan emas asli dan palsu adalah dengan menggunakan metode visual atau pengamatan. Berikut cara membedakan emas asli dan palsu dengan menggunakan metode visual atau pengamatan visual.

Cara Membedakan emas asli dan palsu dengan pengamatan visual atau metode visual

  • Carilah Cap Tanda Angka Resmi atau Hallmark pada Emas

Carilah Cap Tanda Angka atau disebut juga hallmark yang terdapat pada emas sebelum kita membelinya, tanda hallmark adalah tanda yang dikeluarkan oleh kantor pengujian yang telah bersertifikat untuk memberikan jaminan dan informasi emas kepada para pembelinya. Jika tidak ditemukan tanda hallmark ini sebaiknya emas jangan dibeli karena tidak ada jaminan keasliannya. Tanda hallmark terdapat pada emas perhiasan maupun emas dalam bentuk batangan. Angka hallmark menunjukkan informasi kandungan persentase emas yang terkandungan pada emas tersebut. Penandaan ini resmi dan telah mulai diterapkan sejak tahun 1950-an sebagai informasi resmi kandungan emas dan bentuk jaminan keaslian emas.

Ciri Emas Asli

Sumber gambar :https://id.wikihow.com/Mengenali-Emas-Asli-atau-Palsu

Apakah emas yang tidak memiliki tanda hallmark adalah emas palsu ? Belum tentu. Emas yang tidak memiliki tanda hallmark adalah emas yang sudah berumur sangat tua atau buatan zaman dulu, dimana sistem pemberian tanda hallmark belum berlaku. Namun untuk menghindari emas palsu, lebih baik kita hindari membeli emas yang tidak memiliki tanda hallmark pada emas tersebut.

  • Gunakan Loupe Magnifier, Magnifying Lamp atau Mikroskop Stereo

 Setelah kita menemukan tanda hallmark, liat nilai angka yang tertulis. Nilai angka menunjukkan tingkat kemurnian emas. Pada emas batangan tanda hallmark ini mungkin bisa dibaca secara langsung tanpa menggunakan alat. Namun pada emas yang sudah berupa perhiasan, seperti : kalung, cincin, gelang, anting dan lain-lain. Melihat tanda ini secara langsung sangatlah sulit karena berukuran sangat kecil.

1. Untuk versi portable yang dapat  dibawa kemana-mana, menggunakan kaca pembesar yang portable adalah pilihan yang paling tepat.

Dengan ukuran yang kecil, kalian dapat mengamati langsung saat melakukan pembelian di tempat. Adapun jenis kaca pembesar yang dapat kalian gunakan, seperti gambar di bawah ini :

 

Magnifier Euromex Magnifier Lamp Otsuka Envl-B

 

2. Untuk versi laboratorium atau pemeriksaan di tempat, pilihan menggunakan mikroskop stereo adalah yang paling efektif.

Mikroskop Stereo yang memiliki fitur zoom memungkinkan kita melihat tanda hallmark lebih fleksible secara pembesaran. Kaca Pembesar memiliki keterbatasan pembesaran (biasanya 2x atau 4x pembesaran). Mikroskop Stereo Zoom, kita dapat melakukan pembesaran sampai dengan 45x bahkan 90x.

Mikroskop Stereo Zoom Euromex NZ.1902S Mikroskop Stereo Euromex SB.1902U

 

3. Untuk versi portable + laboratorium, pilihan menggunakan mikroskop digital portable dinolite adalah yang paling cocok.

Mikroskop digital portable dinolite, selain pembesaran sampai dengan 220x, juga memiliki ukuran yang portable, bisa dikoneksikan ke device mobile (handphone / tablet) maupun ke PC dan memiliki fitur pengukuran. Selain itu, dengan menggunakan mikroskop digital portable dinolite, kalian juga dapat melakukan fotografi perhiasaan yang saat ini dapat digunakan dalam meningkatkan nilai perhiasan.

 

Mikroskop Digital Portable Dinolite AM73915MZT Pengecekan Keaslian Emas pada Cincin

 

Ada 2 sistem penulisan angka pada emas, yaitu :

  1. Angka 1 sampai 999 untuk sistem penamaan di Eropa. 999 menunjukkan kemurnian emas 99%
  2. Angka 0 sampai 24K. K berarti karat. 24 K menunjukkan emas adalah 24 Karat. Sistem penamaan yang dipakai di Amerika dan Indonesia

 

Artikel Lainnya :

https://microscope.id/id/news/detail/cara-visual-membedakan-barang-asli-dan-tiruan 

Referensi : 

https://id.wikihow.com/Mengenali-Emas-Asli-atau-Palsu

 

 

 

Temukan kami di sosial media

Facebook mikroskop Instagram mikroskop youtube mikroskop whatsapp mikroskop email mikroskoop