Borescopes: Tips teknik inspeksi yang efektif

Borescope adalah alat yang penting pada industri pesawat terbang. Sekarang borescope terus berkembang dan banyak digunakan pada industri lain seperti otomotif, minyak dan gas, alat berat, reparasi mesin dan industri lain.  Boroscope memungkinkan teknisi dalam melihat area sempit pada pesawat dan area mesin yang sulit terlihat. Namun dalam penggunaannya, ada beberapa tip yang dapat digunakan agar proses inspeksi jauh lebih optimal. Pada artikel ini, kita akan membahas tip-tip tersebut serta beberapa informasi terbaru mengenai  perkembangan teknologi di teknologi borescope.

Seperti artikel yang telah kami Bahas sebelumnya, ada 3 jenis borescope yang umumnya dipakai di industri inspeksi, yaitu : rigid scope, fiberscope dan videoscope. Agar pemahaman jauh lebih baik, akan kami sedikit jelaskan kembali 3 jenis borescope tersebut.

 

Rigid Scope

Sesuai dengan namanya, rigid yang berarti kaku / tidak fleksibel. Cocok untuk menginspeksi area terpencil yang tidak membutuhkan fleksibilitas seperti pada fiberscope dan videoscope. Kekurangan jenis ini tidak memiliki fleksibilitas dalam bermanuver pada permukaan yang berliku. Namun keunggulan dari rigid  scope adalah kejernihan hasil gambar, karena menggunakan optik (hanya berupa lensa dan kaca) dalam menampilkan gambar ke eyepiecenya sehingga resolusi lebih baik dari gambar yang dihasilkan melalui fiber optik.

Rigid Borescope  Rigid Borescope  Rigid Borescope

 

Fiberscope

Jenis borescope lainnya yaitu fiberscope. Jenis ini menggunakan untaian fiber optik dalam memproyeksikan gambar dari ujung probe ke eyepiece nya. Keunggulannya jelas adalah fleksibilitasnya karena menggunakan fiber optik sehingga memiliki kemampuan berbelok (bend) ke dalam area yang tidak mungkin dapat dilakukan pada jenis rigid scope. Kepala dari probe yang juga dapat bermanuver pada satu sisi untuk mendapatkan sudut pandang (field of view) yang berbeda, seperti pada area tubin kompresor adalah keunggulannya.

Fiberscope juga dapat dibuat dengan ukuran diameter yang sangat kecil. Ukuran diameter pada fiberscope bisa mencapai 0,025 inci. Dengan diameter 0,025 inci, kita dapat memasukin area kecil pada turbin blade untuk melihat apakah ada kotoran/penghalang dan kemungkinan kerusakan FOD. Anda tidak akan bisa memasuki area sekecil itu dengan jenis borescope yang lain saat ini.

Fiberscope Fiberscope Fiberscope

 

Videoscope

Videoscope merupakan Jenis terbaru dari semua jenis borescope saat ini. Secara penampilan dan pengoperasian sama seperti jenis fiberscope, namun videoscope memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh jenis fiberscope yaitu CCD (charged coupled device) yang terletak pada ujung probe. CCD ini akan mengirimkan signal gambar secara elektronik melalui fiber scope ke camera control unit (CCU) sehingga dapat menampilkan gambar secara digital pada monitor.

Jenis videsocope telah banyak merevolusi dunia inpeksi menggunakan borescope. Dengan videoscope, sekarang dapat memungkinkan penyimpanan gambar maupun perekaman video hasil inspeksi yang dapat digunakan sewaktu-waktu. Selain itu, hasil inspeksi dapat dikirim menggunakan email sehingga dapat kita kirim secara instan kepada siapa saja, salah satunya pabrikan asal jika membutuhkan bantuan teknis jika ditemukan kerusakan pada hasil inspeksi.

Videoscope Coantec Videoscope Coantec Videoscope Coantec

 

Kenali Peralatan Anda

Hal pertama yang harus kalian ketahui adalah bagaimana cara mengoperasikan peralatan yang kalian miliki. Bacalah manual book yang telah disediakan, pabrikan tidak menyediakan manual book hanya untuk disimpan. Pelajari manual book dan pahami cara kerjanya. Jika kalian memiliki borescope jenis fiberscope pelajari bagaimana mengontrol ujung kepala nya dengan baik.

Pada jenis videoscope lebih banyak hal yang harus kita pelajari, seperti cara mengambil gambar, menyimpan dan memindahkannya ke computer. Manfaatkan training yang diajarkan dari pabrikan. Intinya adalah kenali dengan baik cara mengoperasikan alat, manfaatkanlah borescope dengan sebaik-baiknnya.

 

Ketahui Apa Yang Anda Lihat

Sesuatu yang harus diperhatikan saat menginspeksi menggunakan borescope adalah pahami dahulu apa yang kalian lihat. Inpeksi menggunakan borescope bukan sekedar alat kalian dapat memasuki area turbin yang kecil dan dapat melihatnya, namun kalian harus mengetahui seperti apa yang bagus itu seharusnya terlihat. Bagaimana kalian bisa tahu hasil inspeksi jelek jika kalian tidak tahu yang bagus itu seharusnya seperti apa. Selain itu kalian juga harus sudah mengetahui defect seperti apa yang akan kalian cari. Jika kalian menggunakan alat untuk pertama kalinya, memiliki rekan kerja dan supervisor yang dapat mengajari anda adalah sesuatu yang sangat berarti.

 

Perhatikan Pencahayaan

Pada banyak kasus, kalian harus berhati-hati pada kondisi pencahayaan yang terang. Jika kalian bekerja di luar dan di bawah paparan matahari langsung yang terang, beri jeda sesaat pada mata anda sebelum menggunakan borescope. Selain itu, cahaya yang terang dapat mempengaruhi kemampuan dalam melihat secara jelas pada beberapa tampilan layar. Cobalah untuk melakukan inpeksi menggunakan borescope di dalam hangar untuk menghasilkan hasil gambar yang jelas.

 

Gunakan Peralatan yang Tepat

Pada banyak kasus, pabrikan pembuat mesin seringkali telah memberikan daftar list borecope yang telah mereka akui dan rekomendasikan untuk digunakan dalam panduan perawatannya, bahkan tidak jarang memberikan info detail ukuran, jenis / tipe dan brand borescope yang mereke rekomendasikan.

Jika kalian mendapatkan borescope dengan kualitas buruk, maka kalian akan sangat mengurangi kemungkinan dalam mendeteksi defect selama proses inspeksi. Oleh karena itu, kalian harus memastikan bahwa alat yang digunakan bekerja dengan baik.

 

Borescope jenis-jenis baru

Ketika mulai masuk pertama kali di industri ini, umumnya yang tersedia hanyalah fiberscope dan rigid scope dengan pilihan-pilihan yang terbatas dan pabrikan yang terbatas. Namun dalam beberapa tahun terakhir teknologi telah berkembang sangat pesat. Ada banyak pilihan yang beragam saat ini, termasuk jenis borescope videoscope. Kalian dapat pelajari perkembangan alat – alat baru ini.

 

Alat Kerja

Dulu mekanik menggunakan permen karet yang direkatkan pada bagian ujung probe borescope untuk menghilangkan kotoran pada area yang sulit dijangkau. Sekarang sudah ada teknologi canggih yang melakukannya. Beberapa pabrikan sekarang menawarkan alat kerja tambahan yang terintegrasi di dalam borescope itu sendiri. Beberapa alat kerja tersebut seperti loop snare, forceps grabbers, magnet dan alat pengukuran. Beberapa alat kerja tambahan tersebut dapat membantu menghilangkan benda asing atau kotoran dari dalam mesin dan area terkecil tanpa perlu membongkar.

 

Pengukuran Defect

Fitur tambahan terbaru pada inpeksi borescope adalah pengukuran defect stereo 3-D. Alih-alih memperkirakan ukuran defect atau mengukur menggunakan alat ukur fisik yang telah terpasang, system pengukuran stereo dapat mengukur secara instan dengan hasil yang presisi. Sistem yang saat ini tersedia pada Coantec videoscope C-65 ini menggunakan ujung khusus yang berisi dua lensa objective di dalamnya, system ini dapat mengetahui posisi dari objek yang kita amati dengan membandingkan perbedaan hasil gambar dari kedua lensa objective tersebut. Mekanik cukup menggunakan control pada videoscope untuk menentukan lokasi dan mengambil gambar area yang ingin mereka ukur.

Namun hal yang menarik disini adalah saat gambar telah disimpan, gambar dapat kita diukur kapan saja. Software dapat menunjang pengukuran ulang kapan saja, bahkan saat pengukuran tertentu tidak dilakukan pada pengukuran yang pertama. Jadi, saat kalian mengukur pahatan pada sisi ujung, kalian dapat mengukurnya kembali nanti dan mengukuran jarak pada sisi yang lain. Kalian bahkan dapat mengirimkan gambar melalui email (dengan catatan penerima juga memiliki aplikasi yang terinstal) dan mereka dapat melakukan pengukuran yang mereka mau.

 

Pilihlah Borescope yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Dengan beragamnya pilihan opsi borescope saat ini dan dengan beragam pabrikan yang tesedia. Perlu adanya research dalam menentukan borescope yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian, pelajari lebih jauh borescope dari tiap pabrikan yang tersedia.

Berdasarkan kebutuhan dan budget kalian, tiap pabrikan dapat memberikan referensi borescope yang paling cocok dengan kebutuhan dan budget kalian serta memberikan info fitur tambahan yang mungkin dapat menjadi nilai tambah untuk calon pembeli.

 

Melihat Artikel Lain :

 5 Cara Cepat Memilih Borescope Industri

 

 

Temukan kami di sosial media

Facebook mikroskop Instagram mikroskop youtube mikroskop whatsapp mikroskop email mikroskoop