Pengertian batuan pada Geologi

Pengertian batuan pada Geologi

Dalam ilmu geologi, batuan didefinisikan sebagai agregat mineral yang secara alami menempel satu sama lain dan membentuk massa yang kaku dan kompak. Batuan merupakan penyusun utama kerak bumi dan memiliki berbagai macam bentuk, tekstur, dan komposisi.

Batuan diklasifikasikan menjadi tiga jenis utama yakni batuan beku, batuan sedimen, batuan metamorf.

Ciri-ciri batuan adalah sebagai berikut tersusun atas satu atau lebih mineral, memiliki bentuk yang tetap dan tidak mudah berubah, butiran-butiran mineral saling menempel erat, dari yang lunak seperti batu kapur hingga keras seperti granit, beragam warna tergantung jenis mineral penyusunnya.

Batuan beku dapat mengalami pelapukan dan erosi, yang kemudian terbawa oleh air dan angin dan diendapkan menjadi batuan sedimen. Batuan sedimen kemudian dapat terkubur dalam dan mengalami tekanan dan temperatur tinggi, sehingga berubah menjadi batuan metamorf. Batuan metamorf kemudian dapat meleleh dan menjadi magma, yang kemudian mendingin dan membeku menjadi batuan beku.

Guna melihat struktur mineral pada batuan, bisa dibantu dengan mikroskop portabel dari Dino-Lite, ukurannya yang kecil dan ringan, beresolusi tinggi menghasilkan gambar dan video detail objek yang sedang diamati, penggunaannya yang simpel dan mudah, hanya dengan menghubungkan Dino-Lite ke perangkat komputer/laptop, dan memiliki software DinoCapture (free update) untuk menampilkan dan menyimpan hasil pengamatan berupa gambar dan video.

Memahami batuan dan proses pembentukannya dapat membantu kita untuk lebih memahami bumi dan bagaimana bumi telah berevolusi selama jutaan tahun.

Memilih Solusi :

AF4915ZT AM73915MZT WF20 RK10

 

Semoga informasi dari kami dapat membantu. Untuk ingin tahu lebih lanjut dan trial dapat menghubungi kami.

 

Temukan kami di sosial media

Facebook mikroskop Instagram mikroskop youtube mikroskop whatsapp mikroskop email mikroskoop

              

 

 

Dino-Lite Digital Microscope

SHOP NOW