Menghitung luas area crimping

Menghitung luas area crimping

Apakah kalian tau apa itu wire harness ?

Wire harness mungkin jarang kita dengar di seharian kita. Namun taukah kalian bahwa itu adalah komponen penting pada kendaraan, baik pada sepeda motor sampai kendaraan alat berat (heavy equipment).Iya, itu karena wire hardness adalah kabel yang menyalurkan semua komponen pada kendaraan yang menyebabkan kendaraan dapat menjalankan semua komponennya.

 

Permasalah pada wire harness :

Salah satu permasalahan pada wire harness adalah kualitas crimping (crimping process) yang tidak baik. Jika crimping process tidak baik dapat menyebabkan overheat, hingga dapat menimbulkan api karena adanya contact resistance yang disebabkan adanya gap atau jarak pada bagian crimping. Crimping yang baik tidak memiliki celah atau jarak antar konduktor nya.

Solusi :

Pengecekan pada bagian crimping perlu dilakukan sebelum pemasangan pada kendaraan. Pengecekan dilakukan secara visual menggunakan mikroskop karena ukuran yang kecil. Sebelum pengecekan diperlukan proses cutting, mounting , polishing dan etching untuk mempermudah proses pengecekan visual crimping.

Pemilihan Solusi :

  1. Dinolite Mikroskop Portable AM4917MZT 
  2. Mikroskop Koptics KTS-DV-HDMI
  3. Mikroskop Euromex NZ.1903S
  4. Mikroskop presisi dan Auto Vision Engineering

 Good Crimping  crimping hitung 

 

 

Dino-Lite Digital Microscope

SHOP NOW