Kamera Mikroskop Menjadi Solusi Penggunaan Mikroskop di Masa Pandemi

Banyak dampak yang timbul dikarenakan pandemi covid-19 yang menahun belum terselesaikan membuat perubahan besar pada kebiasaan di semua sektor agar karyawan harus bisa bekerja dari rumah (WFH). Beberapa metode yang merubah kebiasaan tersebut adalah menggunakan teknologi digital berupa kamera mikroskop untuk dapat berkomunikasi dan menghubungkan pekerjaan-pekerjaan dengan internet. 

Konsep Work From Home (WFH) pada dasarnya dirintis pada awal Revolusi Industri 4.0, dimana dalam proses produksi barang, mesin dan teknologi canggih dengan konsep otomasi diandalkan, dan segala kebutuhan dapat dipenuhi melalui digitalisasi. Sebanyak 60% dari karyawan muda ini mengatakan bahwa mereka lebih suka bekerja dari jarak jauh dan menggunakan panggilan konferensi video setelah krisis pandemi, daripada harus pergi ke kantor. Pelaksanaan WFH adalah WFH bukan berarti tidak pergi ke kantor, tetapi ketika menyelesaikan pekerjaan bisa dilakukan di mana saja dengan memanfaatkan teknologi dan informasi.(Sumber : Perubahan budaya kerja di perusahaan)

Kamera Mikroskop Dinolite Universal adaptor Murah Bagus

 

Salah satu perangkat yang bertransformasi pada Industri 4.0 adalah mikroskop yang mengalami perubahan menjadi mikroskop digital. Mikroskop digital adalah jenis mikroskop terintegrasi dengan sensor kamera yang dapat menawarkan kecepatan, kemudahan, dan integrasi yang mudah dengan perangkat teknologi lain. Perangkat dengan nama mikroskop digital ini adalah kamera digital mikroskop definisi tinggi yang dibuat dengan kekuatan zoom pembesaran mikroskop dan menampilkan resolusi gambar tinggi. Mereka menggunakan USB atau Seri AF untuk dapat terhubung ke monitor, komputer atau perangkat media digital lainnya dan mengirimkan gambar mikroskop dalam format gambar digital resolusi tinggi yang dapat dengan mudah dipantau, diproyeksikan untuk dilihat atau disimpan untuk analisis dalam bentuk data.

 

Ada beberapa cara mudah yang digunakan untuk meng-upgrade mikroskop ke mikroskop digital. Pertama, kita perlu melihat jenis kepala (head) mikroskop yang Anda miliki saat ini. Ada tiga jenis kepala mikroskop yang digunakan :

  1. Mikroskop Monokular
  2. Mkroskop Binokular
  3. Mikroskop Trinokular

 

Mounting (sambungan) kamera di posisi lensa mata (eyepiece)

Perhatikan jenis mounting mikroskop yang Anda gunakan seperti contoh gambar di atas. Jika kamu menggunakan mikroskop dengan lensa mata (eyepiece) satu (monokular), dan dua (binokular), sebenarnya mikroskop yang kamu gunakan tidak dirancang untuk dapat ditambahkan kamera mikroskop digital pada eyepiece. Tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan karena ada beberapa mikroskop yang memiliki eyepiece dapat dilepaskan untuk dapat dipasangkan kamera eyepiece digital seperti gambar di bawah ini.

 

Sehingga gambar yang ditampilkan di layar komputer menjadi seperti gambar di bawah ini :

Kemampuan software pada digital eyepiece kamera mikroskop adalah seperti tampilan berikut :


Gambar di atas adalah kamera mikroskop dinolite AM7025X yang telah banyak dipakai di industri maupun penelitian karena memiliki adaptor mounting mikroskop yang universal sehingga hampir semua jenis mikroskop konvensional dapat menggunakannya. Eyepiece kamera digital ini akan terhubung ke mikroskop dengan menggunakan salah satu dari tiga cara adaptor di bawah ini:

  • Melalui eyetube diameter 23mm.
  • Melalui eyetube diameter 30mm, 30.5mm, atau
  • Melalui C-mount adaptor Trinokular

Adaptor digital kamera mikroskop memiliki lensa yang terpasang di dalamnya yang akan cocok dengan lensa okuler eyepiece. Menggunakan kamera digital eyepiece untuk pengambilan gambar mikroskop akan menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik dari semua opsi mikroskop digital. Sangat disarankan jika Anda ingin mengambil gambar mikroskop untuk publikasi dan data. 

 

Temukan kami di sosial media

Facebook mikroskop Instagram mikroskop youtube mikroskop whatsapp mikroskop email mikroskoop