1. Shilakan Login > Create new Account untuk anda pelanggan baru (aktivasi email)

2. Masuk ke halaman Shop untuk mencari produk sesuai kategori / klik kaca pembesar di pojok kanan atas untuk mencari produk yang di inginkan

3. Lihat my cart (keranjang anda) dan selesaikan sesuai petunjuk 

4. Lakukan verifikasi pembayaran melalui Email / Whatsapp

5. Pesanan anda akan di kirim maximal 2 Hari kerja setelah verifikasi pembayaran

 

 Hubungi kami untuk pertanyaan lebih lanjut  

Kebijakan pengiriman (Wilayah Indonesia)

  1. Diwajibkan menanyakan stock terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran.
  2. Untuk barang diluar stock, lama pengiriman diinformasikan melalui penawaran resmi tertulis.
  3. Nama expedisi dan biaya kirim yang tertera dalam website dan faktur hanya sebagai referensi, dan pihak microscope.id berhak mengirimkan dengan expedisi yang berbeda sesuai kondisi. Untuk kelebihan, kekurangan biaya pengiriman menjadi tanggung jawab microscope.id dan tidak dapat di tagihkan atau dikembalikan ke pelanggan. 

 

Hati hati dengan pembesaran 2000x, apakah benar ?

 

Kami terus menjaga kepercayaan dan profesionalisme oleh karena itu segala infomasi yang kami berikan bedasarkan data yang didapat oleh para ahli.    

Saat ini banyak beredar claim pada microscope, terutama pada microscope tampa merek mengaku memiliki magnification hingga 2000x. Apakah ini benar ?

Berhati-hatilah karena di industri mikroskop claim ini biasa disebut pembesaran kosong atau pembesaran palsu.

Apa maksud dari pembesaran kosong ? Untuk memahami lebih jauh, sebelumnya kita harus memahami hubungan resolution dan magnification pada mikroskop. 

Sederhananya, resolution pada mikroskop adalah jarak minimum 2 titik dimana kita dapat melihatnya secara jelas terpisah pada mata kita. Contoh : Virus yang berukuran 0,1 mikron, jika kita lihat menggunakan lensa yang memiliki resolusi power 100 mikron, mau dibesarkan sampai 3000x pun virus tak akan terlihat.

Sedangkan magnification pada mikroskop sendiri adalah nilai pembesaran pada objective dikali pembesaran pada eyepiecenya. Nilai ini dapat kita ubah sehendak hati kita dengan menggunakan eyepiece dengan ukuran besar atau menggunakan layar monitor yang besar jika menggunakan camera. Namun resolusi pada lensa objective sendiri memiliki batasan saat ini di 0,2 micron (kondisi maksimal) atau kondisi real di pembesaran kurang lebih 1000x.

 

Nilai resolusi senidri dapat kita hitung menggunakan persamaan di bawah ini :

 

Resolution (r) = 1.22λ/(NA(obj) + NA(cond))

 

Keterangan : λ = wavelength (panjang gelombang)

(NA(obj) = Numerical aparture pada lensa objective

NA(cond) = Numerical aparture pada condensor

 

Nilai (NA(obj) maksimal saat ini di 1,25 dan dapat ditingkatkan menggunakan oil immersion menjadi 1,4. Dengan memasukkan kondisi maksimal menggunakan persamaan di atas

kita akan mendapatkan nilai 0,2 micron. Artinya sample yang memiliki ukruan di bawah 0,2 micron mau diperbesar hingga 5000x sample tidak akan tampak (kosong)

inilah makna dari istilah pembesaran kosong (empy magnification) atau pembesaran palsu (fake magnification).

 

Note : Konsep resolution pada lensa dapat dipelajari menggunakan konsep airy disk (sumber : https://www.microscopyu.com/tutorials/imageformation-airyna)