Defect Tidak Terlihat Karena Cahaya yang Tidak Tepat

Defect Tidak Terlihat Karena Cahaya yang Tidak Tepat

Kita dapat melihat karena adanya cahaya. Tanpa cahaya sudah pasti kita tidak dapat melihat sesuatu, namun terkadang justru kita tidak dapat melihat sesuatu dikarenakan cahaya itu sendiri sebagai penyebabnya. Ya , itu karena ternyata kondisi cahaya yang tidak pas justru mengganggu pengamatan kita saat mengamati sesuatu. Contoh sederhana adalah kita tidak dapat melihat matahari karena terlalu silau, dibutuhkan penyesuaian agar mata kita dapat melihat nya dengan jelas.

DEFECT PADA PART DAN KOMPONEN

Begitupun juga dalam pengamatan pada industri manufactur. Banyak defect pada part dan komponen yang sulit terlihat jelas dengan mata walaupun sudah menggunakan pencahayaan yang cukup. Hal ini banyak ditemui pada part dan komponen yang memiliki permukaan yang memantulkan cahaya, seperti metal, plastik, dan lain - lain. Salah satu contoh adalah di produk kesehatan, seperti selang cuci darah, alat suntik dan lain-lain. Alat kesehatan sangat tidak mentolerir adanya kontaminan dalam bentuk apapun. Pengecekan produk biasanya dilakukan menggunakan cahaya yang telah dirancang baik posisi maupun sumber cahaya agar saat pengamatan tidak ada pantulan pada permukaan plastik dan dapat terlihat dengan sangat jelas.

Teknik perancangan cahaya juga banyak ditemui pada mesin machine vision atau camera system, dimana pengamatan defect dilakukan dengan sangat cepat dan akurat secara visual menggunakan kamera, sehingga dibutuhkan cahaya yang tepat agar defect dapat terlihat melalui machine vision dengan sangat jelas.

LAMPU STANDART LED VS LAMPU AITEC SYSTEM

Contoh di bawah adalah perbandingan pengamatan menggunakan lampu standart LED dan menggunakan lampu dari Altec system (gambar sebelah kiri). Lampu altec system telah banyak digunakan pada pengamatan part-part dan komponen yang sulit terlihat menggunakan lampu standar biasa dan pengaplikasian pada machine vision yang sangat mengandalkan cahaya yang tepat.

 

 Menggunakan cahaya dari Aitec System Japan illumination  Menggunakan cahaya LED ringlight
   
   
   
   

 

Semoga informasi dari kami dapat membantu. Untuk ingin tahu lebih lanjut dan trial dapat menghubungi kami.

 

Dino-Lite Digital Microscope

SHOP NOW